Buat temen-temen TLB 6 blog ini sengaja saya buat agar kita tetap ingat masa-masa selama kita jadi taruna....

Pengalamanku MABINTAL di ATKP Surabaya

-MaBINTAL-
      Ada yang tahu apa itu MABINTAL??? mungkin di Universitas lebih dikenal dengan sebutan OSPEK. Intinya sama saja hanya saja kegiatannya yang berbeda.
MABINTAL(Masa Pembinaan Fisik dan Mental) bagi calon taruna ATKP Surabaya adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh ATKP Surabaya kepada setiap calon tarunanya yang telah dinyatakan lulus pantukir/sudah diterima. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan membiasakan para calon taruna agar mampu beradaptasi dengan lingkungan dan cara hidup taruna di ATKP Surabaya.

      Sesuai namanya Pembinaan Fisik dan Mental, tentu saja kegiatannya berhubungan dengan kedisiplinan, sikap tangguh, bekerja secara efisien, dan tepat waktu yang ketat, karena notabenenya ATKP Surabaya adalah sekolah dengan karakteristik semi militer demi membentuk pribadi yang disiplin, tangkas, dan taat pada peraturan yang sangat dibutuhkan dalam dunia penerbangan. Kegiatan ini dipenuhi dengan PBB(Peraturan Baris Berbaris), olahraga fisik, penanaman jiwa KORSA-RESPEK-HIRARKI sebagai pondasi dasar seorang taruna.
      Nah...itu tadi sedikit ulasan tentang apa itu MABINTAL yang sering juga disebut MADABINTAL atau OSPEK.Dari kegiatan ini diharapkan para calon taruna mampu beradaptasi dan merubah cara hidup mereka yang mungkin dulu sebelum masuk ATKP Surabaya masih sering bangun kesiangan maka disini mereka harus bangun tepat waktu(jam 04.00WIB harus sudah bangun), yang biasanya jam 05.00WIB masih ngantuk-ngantukan, disini harus lari pagi plus senam pagi, yang biasanya bajunya dicucikan ortu, pakaian disiapin mama bahkan mungkin sarapan pun masih harus disuap bunda, maka disini semua harus dilakukan sendiri, yang intinya belajar menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

      Saya ingin cerita sedikit nih masalah MABINTAL yang pernah saya ikuti tahun 2011(MABINTAL
2011). Waktu itu MABINTAL diselenggarakan selama 3 minggu, seingat saya mulai hari senin,12 SEPTEMBER 2011-jumat,30 SEPTEMBER 2011, dan tanggal 01 OKTOBER 2011 PELANTIKAN TARUNA. Pagi itu(senin,12/09/2011) saya sudah selesai mempersiapkan barang-barang yang diperlukan untuk mengikuti MABINTAL 2011, semua barang saya rasa sesuai denga checklist yang saya dapat dari website ATKP Surabaya tentang apa-apa yang perlu dan tidak boleh dibawa saat kegiatan ini berlangsung. Saya berangkat dari rumah sekitar pukul 05.30WIB dan tiba di Ksatrian ATKP Surabaya sekitar pukul 09.00WIB(kena macet di Mojokerto..hehehe). Sesampainya di ATKP saya langsung diminta untuk semacam tanda tangan daftar hadir dan pengecekan barang-barang yang saya bawa oleh para pengasuh dibantu beberapa taruna senior saya.
      Jujur waktu itu tidak terbesit sama sekali dipikiran saya akan apa yang akan saya dapatkan pada kegiatan semacam ini. Setelah pengecekan(barang-barang saya banyak yang dikembalikan ke ortu, katanya terlalu banyak bawanya) saya dipersilahkan masuk ke asrama serta mengambil seragam MABINTAL. yang paling saya sesali adalah saat-saat terakhir ini, karena saya tidak sempat berpamitan dengan ortu bahkan hanya untuk sekedar bersalaman saja, karena dulu saya pikir setelah mengetahui dimana barak saya, saya masih bisa kembali untuk berpamitan dengan ortu, tetapi semua itu ternyata salah, sekali masuk nggak ada jalan keluar(serem kan kata-katanya), memang setelah masuk kami tidak diperbolehkan menemui ortu lagi.

      Sore itu kegiatan MABINTAL program diploma angkatan 2011 dibuka dengan Upacara pembukaan, dan malamnya diadakan pembagian capcors(kapten kors) dan capbar(kapten barak).
      Oke, inilah kegiatan yang kami lakukan selama MABINTAL. Pagi bangun jam 04.00WIB langsung menuju masjid untuk sholat subuh,kembali ke barak ganti pakaian olahraga(cuma di beri waktu 5 menit) dilanjutkan lari pagi plus senam pagi. Setelah itu dalam 10 menit kami harus sudah berseragam MABINTAL untuk makan pagi(banyangin 10mnt kembali ke barak, ganti baju dan harus sudah kumpul di depan ruang makan). Setelah makan kegiatannya apel pagi, lalu dilanjutkan latihan PBB mulai sekitar pukul 07.00WIB, awal-awal memang terasa berat apalagi dibawah terik matahari, tetapi ada satu hal yang paling ditunggu-tunggu olehku mungkin oleh semua calon taruna saat itu yaitu suara mobil Expass tua yang sudah butut berwarna hitam dan berasap tebal yang selalu datang untuk mengantarkan snack dan minum untuk kami sebagai tanda istirahat, kami menyebutnya "MOBIL PENYELAMAT". Mobil tua inilah yang lebih berharga bagi kami saat itu di banding mobil manapun, ia selalu datang tepat waktu pukul 10.30WIB. Walaupun hanya singgah sekitar 15 menit tapi sangat berarti bagi kami. Pukul 12.00WIB waktunya istirahat dan sholat dan itu semua harus dilakukan dalam hitungan waktu 10menit, karena segera setelah itu kegiatan selanjutnya makan siang. Setelah makan siang kami kembali ke Plaza untuk latihan PBB kembali hingga sore hari pukul 16.00WIB ada waktu untuk istirahat dan sholat,lalu pukul 16.15WIB dilanjutkan dengan Olahraga sore hingga pukul 17.30WIB. Pukul 18.00 WIB sholat maghrib di masjid Baitul Ma'rifah kebanggaan kami, dilanjutkan makan malam dan sholat Isya'. Kemudian latihan PBB lagi hingga pukul 22.00WIB. Untuk menutup hari kami apel malam selalu rutin dilakukan sekaligus mengevaluasi yang kurang dari hari ini, dan satu hal yang tidak bisa dilupakan adalah adanya jaga serambi yang dilakukan secara bergiliran tiap jam sepanjang malam.
      Kegiatan ini rutin kami lakukan selama tiga minggu, sebenarnya ada 3 hari jadwal outbond di daerah Pacet, Mojokerto. Dan akhirnya kegiatan MABINTAL ini ditutup dengan dilantiknya 178 calon taruna menjadi taruna ATKP Surabaya. yang InsyAllah akan saya posting dilain kesempatan. Semoga postingan ini bermanfaat terutama bagi kalian yang berencana menjadi taruna ATKP Surabaya, salam RANGER.
 
 

14 komentar:

  1. malam capt, mau tanya aja.. itu foto header yang barisan atas nomer 6 dari kiri namanya dimas bukan ? thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo yg dmksud Dimas Hero .S...iya memang dia...
      andreas knl dng Dimas???

      Hapus
  2. sangat bermanfaat gan postingnya

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat gan postingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, semoga bisa bermanfaat lebih luas lagi

      Hapus
  4. Bermanfaat bgt :) Cewek cowok sama ya begithu?

    BalasHapus
  5. kalau persiapan buat tesnya ada gk? boleh minta apa aja yg perlu di bawa

    BalasHapus
  6. maaf gan mau tanyak, 178 taruna itu se angkatan apa hanya TLB?
    makasih :)

    BalasHapus
  7. Kak katanya setelah masa mabintal taruna tidak diperbolehkan pulang sampai bulan desember. Pertanyaan saya boleh tidak menjenguk taruna selama dia di atkp ? Apakah ada hari dn jam khusus ? Mohon balasannya kak

    BalasHapus

jika ada kesalahan atau tambahan bagi materi yang saya postkan mohon di share di kotak komentar, demi kebaikan bersama, terima kasih