Buat temen-temen TLB 6 blog ini sengaja saya buat agar kita tetap ingat masa-masa selama kita jadi taruna....

Rheostat

      Pagi ini hari selasa,08/01/2013. Bapak Kustori menjejali kami matkul "Mesin Listrik 1"...yah walaupun agak males,tapi tetep berusaha mengukuti pelajaran sebaik mungkin. Taruna Nofian bertanya tentang apa itu Rheostat????
      Karena itu saya pengen berbagi ilmu tentang Rheostat hasil saya searching dari mbah google dan dari penjelasan Bapak Kustori. Semoga bermanfaat.
  
APA ITU RHEOSTAT ???
      Cara paling umum untuk mengubah-ubah resistansi dalam sebuah sirkuit adalah dengan menggunakan resistor variabel atau rheostat. Sebuah rheostat adalah
resistor variabel dua terminal dan seringkali didesain untuk menangani arus dan tegangan yang tinggi. Biasanya rheostat dibuat dari kawat resistif yang dililitkan untuk membentuk koil toroid dengan penyapu yang bergerak pada bagian atas toroid, menyentuh koil dari satu lilitan ke lilitan selanjutnya.
      Jadi rheostat itu pada dasarnya hampir sama dengan potensiometer, dimana dapat digunakan sebagai penggerak motor dengan mengatur besar tahanan atau nilai resistansinya. Hanya saja alat ini hanya memiliki dua kaki/ dua terminal. Dan apikasinya pada generator set adalah untuk mengukur besar kapasitas yang mampu dibangkitkan oleh satu genset. Alat ini ada dua jenis yaitu jenis rotary dan jenis slider, dan bukan tidak memiliki polaritas sehingga tidak masalah jika pemasangannya terbalik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika ada kesalahan atau tambahan bagi materi yang saya postkan mohon di share di kotak komentar, demi kebaikan bersama, terima kasih